Sabtu, 12 Mei 2012

cara mencari akar permasalahan


Di artikel sebelumnya, saya menjanjikan untuk membahas bagaimana cara menggali akar permasalahan, namun setelah mencoba membuatnya ternyata terasa agak sulit untuk dilakukan karena terlalu klise atau terkesan sangat2 mudah, padahal pada kenyataannya tidak semudah membalikan telapak tangan, oleh karena itu sebagai penggantinya saya akan membahas salah satu kasus yang saya tangani dalam menggali akar permasalahan

Suatu pagi yang indah ada seorang jomblowati (miss j) yang meminta untuk di hypnoterapi dengan outcome (tujuan) bisa berdamai dengan masa lalu, karena kondisinya kurang memberikan privasi untuk miss J bercerita, dan sepertinya miss J tidak ingin bercerita, akhirnya saya menggunakan salah satu teknik NLP yang bernama edit submodalitas, yang mana berfungsi untuk netralisir emosi tanpa harus menceritakan apa yang dialami dengan cara meningkatkan visual audio dan kinestetik lalu mengeditnya.



Hasilnya miss J menangis di tengah- tengah therapy dan setelah ditanya miss J menjawab sudah lumayan plong. Apakah cukup dengan edit submodalitas saja??? Tentu tidak, akhirnya beberapa jam kemudian, saya mendapatkan kesempatan yang lebih privat dan akhirnya miss J menceritakan masa lalunya yang membuatnya trauma untuk moving on dan memulai lembaran baru.
Inilah sepenggal percakapannya
Me: apa yang membuat miss J gak bisa moving on??
Miss J : (menceritakan potongan masa lalunya yang intinya dia trauma dengan seorang cowok dimasa lalu
Me: apa semua cowok itu sama??
Miss J : enggak sih..
Setelah percakapan panjang selama lebih dari 1 jam akhirnya…
Me: jadi ada lagi yang ingin di ceritakan, karena semakin banyak input, maka akan semakin banyak output
Miss J: kang sebenarnya ada beberapa orang yang lagi mendekati saya (dan cerita pun mengalir)
Maaf percakapannya di skip, intinya belum tentu hal yang dikira masalah adalah masalah sebenarnya, ternyata pada kasus miss J ini masalah utamanya, akar permasalahan yang membuat miss J galau adalah terlalu banyak pilihan dan semuanya ngajak serius, dan karena karakter miss J yang mudah terpengaruh sehingga dia benar-benar bingung dibuatnya….

itulah metode yang saya gunakan
and versi idealnya untuk menggali akar masalah adalah dengan langkah2 di bawah ini

1. Keterbukaan pada diri sendiri
2. Menurunkan ego
3. Focus pada detail dan hal-hal kecil
4. Open mind
5. Sortir masalah




Ingin ngobrol dengan saya follow @habieb87

Tidak ada komentar: